Chandra Asri Gandeng BYD Operasikan Armada Forklift Listrik Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Chandra Astri Petrochemical Tbk (TPIA) menggandeng BYD, produsen mobil listrik di dunia mengoperasikan 53 unit forklift listrik. Jumlah armada forklift tersebut termasuk terbesar di Indonesia yang hingga kini disuplai oleh BYD.
Pembelian yang dimulai sejak 2020, sekarang telah selesai sepenuhnya. BYD terus berupaya menerapkan teknologi hijau serta mengutamakan standar keselamatan berbasis lingkungan kelas dunia. Pada 2021, BYD meluncurkan forklift memakai baterai lithium iron phosphatate (LFP) pertama dan diproduksi secara massal di dunia.
Armada e-forklift terbaru memakai baterai lithium ini untuk mendukung fokus Chandra Asri pada prinsip keberlanjutan, membangun sistem transportasi keberlanjutan, menghemat biaya operasional, serta meningkatkan kemampuan dalam mengatasi perubahan iklim.
Setiap tahun, armada itu akan mengurangi 69.445 kilogram (kg) bahan bakar gas (LPG), menghemat 165.360 liter solar (solar), mereduksi 446.472 metrik kg karbondioksida (Co2), dan menghilangkan gas buang nitrogen oksida (NOx).
Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra menuturkan, untuk menjawab tantangan perubahan iklim sehingga penting mengembangkan sistem transportasi berkelanjutan dan mengurangi emisi kendaraan.
“Kami mengakui keunggulan dan tertarik dengan teknologi kendaraan listrik yang diterapkan oleh BYD. Melalui investasi ini kami bersemangat untuk terus membangun momentum yang berfokus pada keberlanjutan dan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG),” ujar dia seperti dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (8/2/2021).